Aktivitas kita setiap hari senantiasa berkaitan dengan aktivitas hari sebelumnya. berbagai informasi yang kita terima senantiasa bertambah setiap hari. upaya untuk memunculkan kembali informasi yang sudah diterima senantiasa terkait dengan kerja memori dalam otak. (Walgito, 1997). Para ahli pada umumnya memandang memori dalam 3 tahapan atau proses, yaitu memasukan pesan dalam ingatan, menyimpan pesan yang sudah masuk atau storage, dan, memuculkan kembali informasi tersebut atau retriefal (Atkinson, dkk, 1997). Dengan demikian memori sering didefinisikan sebagai kemampuan untuk memasukan, menyimpan dan memunculkan kembali informasi yang kita terima. Kemampuan untuk memasukan informasi sering disebut juga mencamkan, encording, atau learning. Terkait dengan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah diterima dibedakan menjadi recall dan recognize. Recall merupakan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah diterima tanpa diberikan stimulus yang membantu, misalnya siswa mengerjakan soal-soal essay atau menjawab pertanyaan isian. Sedangkan recognize merupakan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah diterima dengan bantuan informasi yang tersedia, misalnya mengerjakan soal pilihan ganda, benar-salah maupun menjodohkan.
No comments:
Post a Comment