Sunday, January 3, 2016

Definisi Psikologi



Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psycologi yang merupakan gabungan dari kata psyce dan logos.Psyche berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Secara harfiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dipungkiri keberadaannya.  Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis. Beberapa ahli mempelajari jiwa atau psikis manusia dari gejala-gejala yang diakibatkan oleh keberadaan psikis tersebut. Dimyati Mahmud ( 1989) menjelaskan bahwa manusia amenghayati  kehidupan kejiwaan berupa kegiatan berpikir, berfantasi, mengingat, sugestif, sedih dan senang, berkemauan dan sebagainya.

 Gejala jiwa pada manusia dibedakan menjadi gejala pengenalan ( kognisi) gejala perasaan (afeksi) gejala kehendak ( konasi) dan gejala campuran ( psikomotorik). Gejala pengenalan atau kognisi mertupakan suatu proses atau upaya manusia dalam mengenal  berbagai macam stimulus atau informasi yang masuk ke dalam alat inderanya., menyimpan menghubung-hubungkan, menganalisis, dan memecahkan suatu masalah berdasar stimulus atau informasi tersebut. termasuk ke dalam gejala pengenalan adalahj penginderaan dan persepsi, asosisasi memori berfikir intelegensi. Gejala afeksi atatu perasaan adalah kemmampuan untuk merasakan suatau stimulus yang kita terima, termasuk di dalamnya adalah perasaan sedih, senang, bosan, marahh, bencii, cinta dan lain sebagainya. Afeksi atau perasaan manusia yang dap kuat sering disebut pula dengan emosi. Gejala psikomorik atau campuran merupakan gabungan dari gejala kognitif dan afektif  yang memunculkan suatu gerakan atau tingkah laku tertentiu. Contoh bentuk gejala ini adalah  belajar, sugesti, kelelahan, kepribadian dan berbagai bentuk aktivitas yang melibatkan gerakan motorik, misalnya membaca, berjalan-jalan dan makan.

Ensiklopedia Nasional Indonesia jilid 13 ( 1990) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang, baik yang dapat dilihat secara langsung maupun tidak dapat dilihat secara  langsung. Dakir ( 1993) menyatakan bahwa psikologi membahas tingkah laku manusia dalam huibuingannya dengan lingkungannya. Muhhibin Syah ( 2001) menyimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya denhgan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersfat psikomotor yang meliputi perbuatan bicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya. Ang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor  yang meliputi perbuatan bicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya

Dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkunganya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
Pada hakekatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi, maka dalam perkembangannya ilmu psikologi dikelompokkan dalam beberapa bidang, yaitu

1.      Psikologi perkembangan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang terdapat pada tiap-tiap tahap poerkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya.
2.      Psikologi pendidikan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan masayarakat sekitarnya.
3.      Psikologi industri, ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi.
4.      Psikologi klinis, ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang seehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal. Dilihat dari aspek psikisnya.

No comments:

Post a Comment